Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiga Amalan yang Dapat Menyelamatkan Kita Dari Azab Kubur


Bukarahasia.com - 
Sebagaimana kita ketahui bahwa siksa kubur adalah benar adanya, tak ada seorangpun yang mampu bertahan dari azab kubur yang mengerikan tersebut.

Tidak bisa dibayangkan bagaimana azab kubur itu akan terus-menerus menimpa seseorang sejak ia dikuburkan hingga hari kiamat.

Dilansir dari kanal YouTube Tadabbur Ilmi, berbagai macam azab di dalam kubur telah banyak diceritakan dalam hadits-hadits shohih, mulai dari disempitkan kuburnya, hingga membuat remuk tulang-belulangnya, hawa panas neraka yang dibentangkan hingga ke barzah, ditemani seseorang yang berwajah buruk, dihantam kepalanya dengan palu, dan masih banyak yang lainnya.

Saking mengerikannya azab kubur itu rasulullah shallallahu alaihi wasallam sampai memperingatkan kepada umatnya untuk selalu berlindung dari azab kubur setiap shalatnya.

Selain anjuran untuk selalu berdo'a agar terhindar dari azab kubur, ada amalan-amalan khusus yang dengan izin Allah dapat melindungi kita dari azab kubur yang mengerikan.

Lantas, apa saja amalan yang bisa menyelamatkan kita dari azab kubur?

1. Berdoa Agar Terhindar Dari Azab Kubur

Sebagai seorang muslim do'a adalah senjata utama agar setiap hajat yang kita inginkan bisa tercapai, termasuk di dalam berdo'a agar terhindar dari azab kubur.

 

Do'a memohon perlindungan dari azab kubur ini bahkan sejajar dengan berdoa untuk perkara mengerikan lainnya, seperti azab Neraka dan fitnah Dajjal.

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam pernah mengajarkan kepada kita untuk selalu memanjatkan do'a agar terhindar dari azab kubur yang dilakukan setelah selesai Tasyahud Akhir.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits:

“Jika salah seorang diantara kalian selesai Tasyahud akhir (sebelum salam), mintalah perlindungan kepada Allah dari empat hal: [1] siksa neraka jahanam, [2] siksa kubur, [3] penyimpangan ketika hidup dan mati, dan [4] kejelekan Al-Masih ad-Dajjal.” (HR. Muslim)

Adapun do'a yang disarankan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam untuk dibaca sebagai do'a pelindung dari siksa kubur adalah:

“Allahumma inni a'udzu bika min 'adzabil qobri, wa min 'adzabin jahannam, wa min fitnatil mahyaa wal mamaat, wa min fitnatil masihid dajjal.”

“Ya Allah, aku meminta perlindungan kepada-Mu dari siksa kubur, siksa neraka jahannam, fitnah kehidupan dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah Al-Masih Ad-Dajjal.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Istiqomah Dalam Membaca Dan Mentadabburi Al-Qur'an

Al-qur'an adalah kitab suci umat Islam yang berfungsi sebagai petunjuk agar selamat dalam mengarungi kehidupan di dunia ini.

Setiap surat dalam Al-qur'an jika selalu dibaca dan ditadabburi memiliki keistimewaan masing-masing, salah satunya dapat menjadi pembela kelak di alam kubur.

Surat yang memiliki keistimewaan dapat membela pembacanya di alam kubur adalah surat Al-Mulk.

Sebagai umat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, kita sangat dianjurkan untuk selalu membacanya setiap malam.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits:

Dari Abdullah bin Mas'ud ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca "Tabarokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah SAW Menamakan surat tersebut “al-Mani'ah” (penghalang dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barang siapa membacanya setiap malam, maka ia telah memper banyak dan telah berbuat kebaikan." (HR. An-Nasai)

Dalam riwayat lain dijelaskan:

Dari Anas bin Malik ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Surah yang ada di dalam Al-Qur'an yang dapat bertengkar untuk (membela) pembacanya sampai ia dimasukkan ke dalam surga, yakni surah Tabarakalladzi biyadihil mulk." (HR. At-Thabrani)

3. Banyak Bersedekah Kepada Orang yang Membutuhkan

Bersedekah merupakan ibadah sosial yang ternyata memiliki keutamaan yang luar biasa, yaitu dapat mencegah lagunya dari siksa di alam kubur.

Bersedekah kepada orang yang membutuhkan dapat meringankan beban mereka. Sehingga Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menyatakan bahwa bersedekah dapat mengurangi panasnya siksa di alam kubur.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits:

"Sesungguhnya sedekah itu akan mengurangi kepanasan (siksaan) kubur dari yang selalu memberi sedekah; dan bahwa sesungguhnya seorang mu'min itu akan dapat bernaung di bawah naungan sedekahnya di hari kiamat.” (HR. At-Tabhrani)

Hal ini juga dapat dipraktekkan bagi setiap orang yang memiliki keluarga, orang tua, atau saudara sudah meninggal agar meniatkan sedekah yang dilakukan pahalanya untuk almarhum dan almarhumah. 

Sehingga mereka yang sudah meninggal jika mendapatkan siksaan agar diringankan siksaan itu, karena sedekah yang diberikan di dunia.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits:

Dari Aisyah radhiallahu 'anha, bahwa ada seorang lelaki pernah berkata kepada Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam, “Ibuku mati mendadak, sementara beliau belum berwasiat. Saya yakin, andaikan beliau sempat berbicara, Beliau akan bersedekah. Apakah beliau akan mendapat aliran pahala, jika saya bersedekah atas nama beliau?" Nabi Shalallahu Alaihi wasallam menjawab, “Ya. Bersedekahlah atas nama ibumu." (HR. Bukhari 1388 dan Muslim 1004)

Demikianlah penjelasan mengenai tiga amalan yang dapat menyelamatkan kita dari pedihnya siksa di alam kubur.

Semoga kita diberikan kekuatan oleh Allah untuk dapat Istiqomah melakukan amal-amal baik, karena sesungguhnya amal baik lah yang nantinya akan menjadi teman dan membela kita di alam kubur.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

"Kemudian didatangkan malaikat dari arah kepalanya untuk menyiksa, maka sholat berkata “Tidak ada jalan dari arahku (untukmu)" Kemudian didatangkan malaikat dari arah kanannya untuk menyiksa, Maka zakat berkata “Tidak ada jalan dari arahku (untukmu)" Kemudian didatangkan malaikat dari arah kirinya untuk menyiksa, maka puasa berkata “Tidak ada jalan dari arahku (untukmu)" Kemudian didatangkan malaikat dari arah kakinya untuk menyiksa, maka amal sholeh, segala sunnah, dan segala perbuatan ma'ruf, berkata, “Tidak ada jalan dari arahku (untukmu)” (HR. Imam Ahmad)

Wallahualam Biswhowab.

 

Posting Komentar untuk "Tiga Amalan yang Dapat Menyelamatkan Kita Dari Azab Kubur"