Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Angan-angan Ahli Kubur Ketika Sudah Meninggal Dunia


Bukarahasia.com - 
Memaksimalkan diri untuk banyak berbuat kebaikan adalah suatu keharusan bagi setiap muslim karena kita tidak pernah tahu kapan dan dalam kondisi bagaimana kita akan dipanggil oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

Dari Sahl Bin Sa'd berkata: "Jibril mendatangiku lalu berkata: "Wahai Muhammad! Hiduplah sesukamu, karena sesungguhnya kamu akan mati, cintailah siapa yang kamu suka, Karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya dan berbuatlah sesukamu, karena sesungguhnya engkau akan diberi balasan karenanya." Kemudian dia berkata:"Wahai Muhammad! Kemulian seorang mukmin adalah berdirinya dia pada malam hari (untuk shalat malam), Dan keperkasaannya adalah ketidakbutuhannya terhadap manusia." (HR. ath-Thabarani)

Oleh karena itu persiapkanlah diri kita masing-masing agar tidak menyesal setelah nanti berada di alam kubur dan di akhirat, karena sesungguhnya kelak di alam kubur ada orang-orang yang berangan-angan agar mereka bisa dikembalikan ke dunia lagi.

Lantas, apa saja angan-angan ahli kubur setelah mereka meninggal dunia? Benarkah mereka ingin kembali ke dunia hanya untuk beramal sholeh?

Ingin Melaksanakan Sholat Dua Rakaat

Dikutip dari kanal YouTube Tadabbur Ilmi, Kelak di alam kubur ada di antara mereka yang akan menyesal, mengapa tidak memaksimalkan diri untuk melakukan salat walau hanya dua rakaat semasa hidup di dunia.

Saat itu mereka dapat melihat bagaimana besarnya balasan dari Allah untuk mereka yang melaksanakan salat semasa hidup di dunia, sehingga mereka sangat menginginkan agar bisa kembali hidup di dunia kemudian melaksanakan salat walau hanya dua rakaat.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits:

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, Rasûlullah SAW melewati sebuah kuburan, kemudian bertanya, “Siapa penghuni kuburan ini?" Mereka menjawab, “Ini kuburan si Fulan", lantas Rasûlullah SAW bersabda, “Dua rakaat lebih dia cintai daripada dunia kalian. (Shahihut Targhib Wat Tarhib)

Mereka Ingin Bersedekah

Diantara orang-orang yang meninggal duniaIAiaia akan mengalami penyesalan karena semasa hidupnya mereka tidak pernah bersedekah.

Mereka berangan-angan untuk dihidupkan kembali ke dunia untuk mengeluarkan sedekah dan menjadi orang yang sholeh. 

Hal Ini sebagaimana dijelaskan dalam Al-qur'an:

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata, "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau Tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan Aku termasuk orang-orang yang shaleh ?" (QS. Al-Munafiqun/63: 10)

Ibnu Katsir Rahimahullah berkata dalam tafsirnya:

"Setiap orang yang lalai (di masa hidupnya) pasti akan menyesal di saat nyawanya akan dicabut. Ia memohon agar umurnya di perpanjang walau hanya sesaat untuk melaksakan amal shaleh yang selama ini ia tinggalkan.“ (Tafsir Ibnu Katsir (8/133)

Ingin Mengabarkan Kebaikan Kepada Kerabat

Orang yang telah meninggal ketika ia mendapatkan kenikmatan, maka ia ingin kembali ke dunia untuk mengabarkan kabar gembira kepada keluarga dan orang terdekatnya.

 

Agar mereka pun banyak berbuat kebaikan dan beriman seperti apa yang telah ia kerjakan, agar mereka tidak menyesal.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Al-qur'an:

"Dikatakan (kepadanya): “Masuklah ke surga". Ia berkata: "Alangkah baiknya sekiranya kaumku mengetahui. Apa yang menyebabkan Tuhanku memberi ampun kepadaku dan menjadikan aku termasuk orang-orang yang dimuliakan". (Q.S Yasin : 26-27)

Ingin Agar Mereka Dapat Beramal Sholeh 

Angan-angan terbesar orang yang sudah meninggal adalah bisa dihidupkan kembali untuk dapat melaksanakan amal saleh.

Hal ini sebagaimana termaktub dalam Al-qur'an Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

"(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seorang dari mereka, dia berkata: "Ya Rabbku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan." (QS. al-Mukminun: 99-100)

Ketika seseorang sudah masuk ke dalam kubur, ia sudah bisa melihat apakah dirinya kelak akan dimasukkan ke dalam Surga atau Neraka.

Maka orang-orang kafir akan meminta kepada Allah agar dihidupkan kembali agar bisa beramal sholeh. 

Allah Subhanahu Wa ta'ala berfirman:

Dan jika sekiranya kamu melihat mereka ketika orang-orang yang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Tuhannya, (mereka berkata): "Ya Tuhan kami, Kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami (ke dunia), kami akan mengerjakan amal saleh, sesung guhnya kami adalah orang-orang yang yakin" (Qs. As-Sajdah :12)

Demikianlah beberapa hal yang menjadi angan-angan orang yang telah meninggal jika mereka dikembalikan ke dunia.

Ada yang berkeinginan untuk berbuat baik dan ada juga yang berkeinginan untuk mengabarkan kepada keluarganya akan indahnya kenikmatan yang mereka dapatkan.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadi pelajaran berharga bagi kita untuk dapat lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, sehingga lebih giat dalam melakukan amal kebaikan semata-mata untuk mencari ridho dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Aamiin Yaa Robbal 'Alamin. Wallahualam Biswhowab.


Posting Komentar untuk "Angan-angan Ahli Kubur Ketika Sudah Meninggal Dunia"