Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mulut Kita Akan Dikunci! Inilah Anggota Tubuh Manusia yang Akan Bersaksi Di Akhirat


BUKARAHASIA.COM - 
Setiap manusia diberikan kebebasan untuk berpikir dan bertindak sebagai ujian bagi mereka sewaktu hidup di dunia, sehingga aapun yang mereka kerjakan sewaktu di dunia harus dipertanggungjawabkan dihadapan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Di akhirat nanti Allah akan mengunci mulut mereka, lalu sebagai gantinya bagian tubuh yang lain yang akan berbicara bersaksi dihadapan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Lantas anggota tubuh mana saja yang akan bersaksi atas segala perbuatan kelak di akhirat? Berikut ini tim bukarahasia.com merangkum secara eksklusif untuk anda.

Kedua Kaki Manusia

Kedua kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang kelak akan menjadi musuh bagi manusia di alam akhirat, karena dengan kaki inilah manusia bisa berjalan dan dengan kaki ini pula manusia bisa mencapai suatu tempat. 

Kaki tidak akan berbohong saat kelak saat Allah bertanya Kemana kita pergi dan untuk urusan apa kita pergi ke tempat itu. 

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Alquran “Pada hari ini kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan” (QS. Yasin: 65)

Jika seseorang sering menggunakan kakinya untuk mengunjungi tempat-tempat maksiat, maka setiap dosa yang dilakukan akan diklarifikasi oleh kedua kaki tersebut.

Bahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menjelaskan, bahwa yang pertama kali berbicara ketika mulut dikunci adalah paha kaki sebelah kiri nya sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadist;

Dari 'Uqbah bin ‘Amir’ beliau mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya anggota tubuh manusia yang pertama kali berbicara pada waktu mulut dikunci adalah paha kaki kirinya” (Al Hadist)

Kedua Tangan Manusia

Tidak hanya kaki, namun kedua tangan juga merupakan anggota tubuh yang akan berbicara di akhirat kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Kedua tangan akan menjelaskan setiap perbuatan yang berhubungan dengan tangan sewaktu kita hidup di dunia. Hal ini sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta'ala jelaskan dalam Alquran;

“Pada hari ini kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan” (QS. Yasin: 65)

Tangan merupakan bagian tubuh yang penting bagi setiap manusia, pasalnya dengan tangan Inilah kita menyentuh dan dengan tangan ini pula kita memegang sesuatu.

kebanyakan perbuatan dosa dan perbuatan baik juga timbul dari adanya tangan ini. Dalam Al-qur'an Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman;

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri. Dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu) ” (QS. As-Syura: 30)

Kedua Mata dan Kedua Telinga Manusia

Kedua mata dan telinga juga akan bersaksi atas apa yang dilihatnya dan apa yang didengarnya selama hidup di dunia. Sebuah panca indra ini merupakan indra yang terus bekerja saat kita terbangun, sehingga apapun yang dikerjakan manusia tidak akan pernah luput dari pantauan kedua panca indra ini. 

Selain itu kedua mata dan kedua telinganya juga menjadi sebab seseorang melakukan perbuatan dosa sehingga Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjanjikan neraka bagi setiap manusia yang tidak mempergunakan kedua panca indra ini dengan baik dan benar . 

Hal ini sebagaimana Allah berfirman dalam Al-qur'an;

“Dan sesungguhnya kami jadikan untuk (isi neraka) jahanam kebanyakan dari jin dan manusia. Mereka mempunyai hati (tetapi) tidak dipergunakannya untuk memahami ayat-ayat Allah, mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat tanda-tanda kekuasaan Allah, dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar ayat-ayat Allah, mereka seperti binatang, bahkan ereka lebih sesat lagi mereka itulah orang-orang yang lalai” (QS. Al A'raf : 179)

Kulit, Lidah dan Setiap Bagian Tubuh Lainnya

Anggota tubuh yang akan bersaksi di akhirat berikutnya adalah anggota tubuh lainnya. Selain mulut manusia tidak akan pernah ada yang bisa membohongi Allah dan tidak akan pernah ada pula yang bisa lolos dari penghakimannya. 

Setiap jengkal dan setiap detik yang terjadi pada diri manusia mereka tidak akan berbohong jika ditanya oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Disebutkan bahwa, saat para manusia (yang munafik itu) dikhianati oleh setiap bagian tubuh mereka sendiri, mereka akan bertanya kepada bagian tubuh tersebut,

Mengapa engkau menjadi saksi atas kami terhadap apa yang telah kami lakukan di dunia?”

Maka kulit mereka menjawab, “Allah menjadikan segala sesuatu pandai berkata, sehingga telah menjadikan kami pandai (pula) berkata”

Allah menyebutkan bahwa, anggota tubuh ini (kulit) menjadi saksi atas pemiliknya ketika di ujian oleh Allah tentang pemiliknya, yang mana yang menyangkal telah melakukan sesuatu yang menyebabkan kemurkaan Allah di dunia. 

Demikianlah pembahasan mengenai empat anggota tubuh yang akan menjadi saksi dihadapan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Empat anggota tubuh itu adalah kedua kaki, kedua tangan, kedua mata dan telinga, serta kulit, lidah, dan setiap bagian tubuh lainnya. 

Keempat anggota tubuh ini akan menjelaskan secara jujur tentang apa yang dikerjakannya sewaktu di dunia, sehingga pengakiman ini, merupakan penghakiman yang paling adil karena mulut yang biasa bersilat lidah di dunia telah di akhirat akan dikunci tidak bisa berbicara. 

Oleh karena itu jagalah diri kita masing-masing dari perbuatan yang menjerumuskan kita ke jurang dosa, karena semakin banyak hal buruk yang dikerjakan maka semakin besar pula akibat yang akan kita terima di akhirat.

Karena esungguhnya setiap manusia jelas tidak mau Apabila mereka pada akhirnya akan ditempatkan di neraka jahanam.

Naudzubillah mindzalik, Wallahu a'lam bishowab.

Posting Komentar untuk "Mulut Kita Akan Dikunci! Inilah Anggota Tubuh Manusia yang Akan Bersaksi Di Akhirat"