Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger Dengan Mudah

Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger Dengan Mudah - Blogger atau Blogspot mungkin dikenal sebagai platform blog jadoel. Platform blog ini cukup eksis sebelum tahun 2010. Masih satu jaman dengan Friendster ketika masih berjaya. Jauh sebelum Facebook dan Twitter sepopuler sekarang.

Meski tergolong lawas, Blogger masih memiliki banyak pengguna. Ia masih duduk di jajaran 10 besar CMS terpopuler versi Web Technology Surveys.  Setidaknya, 0,8 persen website di internet dibuat dengan Blogger.

Banyaknya orang yang masih bergantung pada Blogger bukan tanpa alasan. Dibandingkan banyak platform blog di luar sana, Blogger menawarkan platform blogging yang simpel, praktis, dan sangat mudah dikelola.

Sekilas tentang Blogger (Blogspot)

Blogger merupakan platform blogging yang tersedia secara gratis. Platform ini dirilis pertama pada tahun 1999 oleh Pyra Labs. Empat tahun kemudian atau pada 2003, Blogger kemudian diakuisisi oleh Google. Hal yang kemudian menjelaskan mengapa platform blog ini bisa terintegrasi dengan Adsense, Adwords, dan Google Analytics.

Tak cuma integrasi layanan yang membuat Blogger banyak dipakai. Berikut adalah alasan mengapa membuat blog di blogspot jadi pilihan tepat:

1. Akun Terintegrasi

Blogger merupakan layanan yang dibuat terintegrasi dengan Google. Sehingga, Anda tak perlu ribet-ribet ketika membuat blog di blogger. Anda hanya tinggal melakukan sign-in otomatis dengan akun Gmail yang dipunyai.

Dengan Blogspot, Anda juga tak perlu membayar biaya hosting atau tempat penyimpanan file. Untuk web hosting, blog Anda akan otomatis mendapatkan subdomain .blogspot.com. Lalu untuk memori penyimpanan, Google juga menyediakan kapasitas 15GB.

2. Tampilan

Secara default, tak banyak opsi tampilan yang disediakan oleh Blogger. Meski di satu sisi dianggap sebagai kelemahan, Anda malah bisa menganggapnya sebagai sebuah kepraktisan.

Dengan opsi yang ramping, Anda takkan kebingungan ketika harus memilih tampilan blog. Malah, Anda bisa fokus untuk mengurus hal-hal yang lebih penting. Konten, misalnya.

Toh semisal butuh tampilan unik, ada banyak sekali tema Blogger yang tersedia di internet. Anda tinggal download mana yang menarik, lalu install di blog.

3. Kontrol

Blogger memanjakan Anda dengan kontrol website yang mudah. Berbagai opsi pengaturan juga sudah tersedia. Anda hanya tinggal pilih opsi terbaik yang sesuai kebutuhan. 

Di luar yang sifatnya berupa opsi, integrasi layanan Google ke Blogger juga memudahkan. Anda bisa dengan mudah menambahkan akun Google Analytics atau Google Search Console dalam sekali klik.

4. Keamanan

Tak perlu ditanyakan bagaimana sistem keamanan Blogger. Sebagai platform yang dikelola Google, aspek keamanan Blogger sudah cukup terjamin. 

Meskipun begitu, Anda tetap perlu berhati-hati saat menggunakan tema dari pihak ketiga. Ini perlu dilakukan untuk mengurangi risiko kemanan.

Berikut Cara Membuat Blog di Blogger

Setelah tahu apa saja yang ditawarkan Blogger, saatnya membahas cara membuat blogspot. Tak sekedar membuat saja. Di bawah ini, Anda akan temukan enam cara membuat blog di blogspot yang menarik.

  • Untuk membuat blog, Anda perlu mengakses website Blogger di https://www.blogger.com. Ketika website sudah menampilkan halamannya, klik tombol Create Your Blog.
  • Setelahnya, Anda akan diarahkan untuk login akun Gmail. Inilah cara termudah untuk membuat akun Blogspot. Langsung saja masukkan username dan password untuk melanjutkan
  • Setelah itu, Anda perlu melakukan konfirmasi profil blog. Anda tinggal isi kolom yang tersedia dengan nama blog yang ingin ditampilkan. Kemudian klik Lanjutkan ke Blogger.
  • Setelah selesai Anda akan mendapati halaman Selamat Datang
  • Selanjutnya, Anda akan mendapat pop-up dengan tampilan seperti di atas. 
  • Pada bagian Title, masukkan judul blog yang ingin Anda kembangkan. Judul ini akan muncul di halaman depan blog.
  • Lalu di bagian Address, masukkan URL yang ingin digunakan sebagai alamat blog. Alamat ini otomatis akan diikuti dengan ekstensi .blogspot.com
  • Di bagian Theme, silakan pilih tema yang ingin digunakan pada blog. Sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Setelah semuanya diisi, klik Create blog! Kini, Anda sudah mempunyai halaman Blogspot sendiri.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, dengan penuh harapan semoga dapat mengambil intisari dari pembahasan tersebut. Kurang lebih nya kami mohon maaf. Akhirul kalam. Wallahul muwafik, ilaa aqwamith thariiq, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger Dengan Mudah"