Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membangun Backlink Berkualitas Untuk Website Bisnis

Cara Membangun Backlink Berkualitas Untuk Website Bisnis - Apa yang dimaksud membangun backlink berkualitas (link building)? Link building adalah cara untuk mendapat rekomendasi atau backlink dari website lain menuju website Anda.

Apa hubungan dan pengaruh sebuah backlink pada peringkat website kita di mesin pencari.

Semakin banyak backlink berkualitas menuju website kita, maka posisi rank website akan naik, dan trafik pengunjung pun bertambah seiring kenaikan posisi ranking website Anda di mesin pencari.

Tapi, ini link building hanya satu dari banyak faktor utama dalam SEO..Jadi Anda jangan hanya belajar ini.

Kembali ke backlink, begini, kini google sudah sangat ketat terkait backlink, artinya tidak semua backlink akan berefek baik pada website, ada beberapa yang sebaliknya.

Memperburuk website.

Sekarang Anda tahu, tidak semua backlink berefek positif, jika salah, sebuah backlink saja dapat berefek negatif dan menghancurkan reputasi website Anda.

Ingat ! Backlink “harus” natural dan berkualitas.

Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, ada cara khusus. Teknik ini yang akan saya bagikan gratis untuk Anda dan bisa Anda pelajari.

Perubahan besar dalam konsep link building

Kebetulan saya memulai mempelajari link building untuk mengembangkan website sejak 2013 lalu. Pada masa itu, teknik link building masih sangat mudah.

Akhirnya saya mengenal istilah black hat.

Dengan teknik black hat, orang-orang mencari backlink sebanyak mungkin dengan cara yang dilarang. Sebelum tahun 2012 lalu, cara ini masih bisa digunakan, bahkan sampai saat ini ada cara-cara yang masih digunakan oleh para praktisi black hat SEO.

Namun saya percaya, tidak lama lagi Google akan tahu.

Sekarang google semakin pintar, bukan tidak mungkin jika Anda masih menggunakan cara black hat, Siap-siap saja situs Anda terkena pinalti oleh google.

Jangan lakukan teknik link building ini jika anda ingin membangun website untuk jangka panjang :

  • Private blog network (PBN)
  • Melakukan redirect 301 yang tidak sesuai aturan
  • Guest blog secara massal di website berkualitas rendah
  • Submit artikel ke direktori & Press Release
  • Web 2.0 yang hanya berisi 1-2 post
  • Membeli backlink (menggunakan jasa backlink)
  • Linkwheel, pyramid, dan tiered link
  • Melakukan spam di forum
  • Spam komentar dibanyak blog
  • Submit ke social bookmarking secara membabi buta
  • Tidak percaya bahwa cara di atas adalah cara black hat

Ini kutipan dari Matt Cutts:

Apabila strategi utama dari link building anda adalah menulis komentar di banyak website sampai-sampai sebagian besar link yang anda punya hanya berupa komentar, dan tidak ada orang lain yang betul-betul memberikan link untuk anda, maka suatu saat ini bisa dikategorikan sebagai strategi yang licik.

Dalam tingkat tinggi kami berhak untuk mengambil tindakan terhadap tindakan manipulasi atau strategi link licik yang kami rasa mengacaukan rangking.

Yang paling benar adalah harus natural dan berkualitas titik.

Sebuah link harus diberikan secara sukarela oleh pemilik website, ini yang disebut natural.

Berkualitas artinya, website yang memberikan backlink memiliki reputasi baik dan aktif.

Setiap website berkualitas, pasti akan memiliki backlink berkualitas lambat laun. Kenapa, ya karena website Anda berkualitas, memiliki konten berkualitas yang banyak direkomendasikan oleh orang-orang.

Website-website besar dunia melakukan hal-hal tersebut.

Anda punya website dan konten yang berkualitas, Anda memberitahukan konten ini kepada orang lain, Mereka merekomendasikan konten anda melalui websitenya

Karena kontenya layak untuk direkomendasikan, maka akan banyak website lain merekomendasikan konten dalam website Anda karena mereka menganggap konten Anda layak direkomendasikan.

Jika Anda mendapat backlink natural dan berkualitas, Anda hanya butuh satu backlink untuk meningkatkan posisi secara drastis di mesin pencari google.

Ada caranya,  Apakah anda siap?

Tulisan ini mungkin akan menguras waktu anda untuk membaca, silahkan bookmark terlebih dahulu di browser anda, jika ternyata anda belum selesai membaca, anda bisa membacanya lain waktu.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi artikel tentang backlink berkualitas yang bisa anda dapatkan dengan mudah.

1. Manfaatkan situs otoritas berbagi Audio, lalu taruh link anda

Pastikan bahwa, audio yang anda upload adalah orisinal, atau anda akan dianggap spam.  Situs otoritas berbagi audio akan sangat membantu SEO situs anda.

Bagaimana caranya, saya akan menuliskanya dalam : backlink dari situs otoritas audio., tapi nanti, karena artikel belum jadi.

Kategori orisinil bukan berarti berkualitas, tapi unik dan baru. Cukup rekam suara anda, seperti menyanyi, bermain musik, berpidato, atau suara lain, lalu upload.

Catat : jika anda tidak mau dianggap spam di situs otoritas audio, buat profil anda dengan sebenar-benarnya, terlihat legal, jangan asal buat akun tidak bermutu, atau anda akan dihapus dari akun tersebut.

2. Dapatkan kemungkinan Link dari postingan Blog (“best of”)

Sekarang adalah eranya SEO modern, jika dulu kita bisa saja melakukan spam dengan berkomentar  kesana-kemari, tapi sekarang hal itu sudah tidak relevan lagi, dan sedikit pengaruhnya.

Bagaimana caranya?

Untuk mendapatkan link dari postingan blog best of, sangat sederhana, buat sebuah postingan dengan metode list “best of”.

Untuk mendapat link berkualitas, buat artikel berkualitas “best of the best”, menyertakan backlink eksternal dari artikel-artikel berkualitas tersebut.

Maksudnya :

Buat sebuah postingan blog dengan konten daftar dari tema tertentu yang  sesuai dengan niche anda, “ 3 Blog Favorit sukses”, “Belajar dari 10 Blogger Sukses Indonesia”, sertakan link blog yang anda jadikan kandidat.

Itu di sebut dengan metode postingan “best of”

Apa pengaruhnya? Situs anda akan mendapat kemungkinan backlink balik yang berkualitas.

3. Blogger Review

Ini adalah cara yang banyak blogger lakukan. Apa itu?

Jika Anda memiliki produk , baik software, layanan konsultasi atau apa pun hal lain yang berkualitas. Biasanya Anda jual, kali ini anda bagikan gratis , Anda dapat dengan mudah mendapatkan backlink berkualitas tinggi .

Begini caranya?

Temukan blogger di niche Anda, dan temukan yang mungkin tertarik pada tawarkan anda. Jika Anda menjual produk/ konten informasi misalnya “bagaimana membuat blog”

Anda pasti akan Googling hal-hal seperti ” cara pembuatan blog ” , ” bagaimana membuat blog ” dll. Lalu minta pada blog tersebut untuk mereview produk anda di blog mereka, sertakan backlink dalam ulasan tersebut.

Lobi pemilik blog melalui kontak, email, handphone, atau no telepon.

Bagaimana cara menawarkanya?

Saya contohkan, jika anda melobi melalui email

Salam, admin bla-bla,com Begini

Ketika saya sedang googling, saya menjumpai blog anda dengan kata kunci “ cara membuat blog” kebetulan sekali, usaha saya di bidang hosting.

Saya lihat blognya luar biasa dan masih ber platform blogger, saya ingin menawarkan hosting gratis kepada anda sesuai kebutuhan blog anda.

jika berminat, kami hanya mensyaratkan membuat artikel review situs saya di blog anda buat backlink situs kami di blog anda. Kami akan dengan maksimal mensuport hosting blog anda.

Terimakasih

4. Berikan Testimonial

Oke, pernahkan anda berkunjung ke sebuah toko online besar, dan ternyata bukan produk yang menjadi headline situs mereka, namun sebuah pernyataan testimonial dari para pelanggannya beserta backlink aktif ke para pemberi testimoni.

Apa tujuannya ya?

Ada dua tujuan utama,

  • Pertama untuk membangun kepercayaaan dari pendatang baru
  • Kedua, dengan menyertakan backlink aktif, semakin banyak blogger yang berlomba membuat testimoni untuk toko online milik mereka, dan berdampak semakin banyak kepercayaan yang terbangun.

Bagi pembuat testimonial, akan mendapat backlink dari toko/situs yang diberikan testimonial.

Jadi, Buatlah testimonial sebagus dan senyata mungkin untuk situs tersebut.

Logikanya, Jika Anda menggunakan produk atau layanan yang Anda sukai dan anda nyatanya menggunakan produk tersebut , pertimbangkan mengirimkan testimonial kepada mereka .

Saat Anda melakukan hal tersebut, pastikan untuk memberitahu mereka bahwa mereka bisa menempatkannya di situs mereka atau halaman testimonial. Untuk menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang nyata suka dan menggunakan produk mereka, kedepan tentu mereka akan sering menempatkan link ke situs Anda tanpa Anda harus meminta.

Jangan salah , bahkan Anda bisa mendapatkan beberapa backlink terbaik dari testimonial.

Untuk mendapatkan backlink dari situs otoritas pada testimonial, dengan cara membeli produk mereka hanya bertujuan untuk memberikan testimonial dan mendapatkan backlink.

5. Direktori Dominasi

Kata siapa backlink dari situs direktori mati ? Dulu pada bulan Mei 2012 situs-situs direktori mengalami deindexed. Link dari direktori yang tepat masih dapat membuat keajaiban untuk situs Anda.

Berikut adalah beberapa direktori gratis dan berbayar yang mampu membuat keajaiban di situs anda

Gratis :

  • R-TT Directory
  • So Much
  • Directory World
  • All The Websites

Berbayar :

  • Family Friendly Sites
  • Business.com Directory

Ilmu ini saya dapat dari blogger luar negeri yang masih mengandalkan situs direktori, dan work.

6. HARO

HARO (kependekan : Help a Reporter Out) adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan backlink dari situs berita otoritas.

Bagaimana cara haro bekerja :

  • Langkah pertama adalah Mendaftar di Haro
  • Anda akan mendapatkan tiga email per hari dari wartawan-wartawan yang mencari sumber-sumber berita.
  • Untuk mendapatkan link ini , yang perlu Anda lakukan adalah menghabiskan 30 menit sampai 1 jam di situs Haro setiap minggu.
  • Lalu anda lakukan respon dengan kredensial Anda dan untuk beberapa tips bermanfaat.

Mudah kan?

Anda memberikan ulasan respon yang di sesuaikan dan mereka akan menghubungkan Anda dengan link.

7 Sumber backlink dari . edu

Semua tahu bahwa link .edu adalah sumber link berkualitas. Tapi, sulit rasanya mendapat link berkualitas tersebut.

Namun, Jika Anda memiliki artikel yang mengagumkan di situs Anda , Anda biasanya bisa mendapatkan 1-2 link Edu hanya dengan meminta kepada situs terkait, atau malah situs .edu tersebut  memberikan link gratis kepada anda, tapi tentu artikel anda harus benar-benar berkualitas, bukan hanya sekedar link komentar dan nyepam.

Berikut adalah caranya :

Sebagian besar universitas memiliki halaman sumber daya di mana mereka memiliki link ke situs-situs yang membantu mahasiswa dan fakultas yang berkepintingan, termasuk salah satunya adalah informasi.

Studi kasus :

Anda bisa mendapatkan link dari contoh di atas dengan mengirimkan email kepada mereka dan menunjukkan bahwa konten anda membantu sumber daya terkait gizi, misalnya.

Untuk mencari situs-situs .edu, Gunakan cara pencarian seperti ini di google :

  • site: .edu ” kata kunci ”
  • site: .edu ” kata kunci ” + ” sumber ”
  • site: .edu : ” kata kunci ” + inurl : Link
  • site: .edu : ” kata kunci ” + ” situs lain ”

Mungkin hanya 5-10 % dari situs tersebut yang benar-benar akan menjadi backlink Anda . Tapi beberapa link ini dapat membuat perbedaan besar dalam SERP.

8. Kirimkan Situs Anda ke Website Situs Feedback

Apa itu ? Ada sebuah situs yang dirancang untuk membantu Anda mendapatkan umpan balik pada situs Anda. Dan hampir semua dari mereka menyediakan link dofollow kembali ke situs Anda.

Berikut ini adalah contoh situs yang disebut ConceptFeedback.com

Seperti yang Anda lihat , ada link dofollow bagus pada halaman. Yang perlu Anda lakukan adalah mengirimkan situs Anda dengan sedikit penjelasan.

Berikut adalah beberapa Website Situs Feedback yang dapat Anda  gunakan  :

  • ConceptFeedback.com
  • SuggestionBox.com
  • Criticue.com

9. Metode Pergerakan Orang (The Moving Man Method)

Berikut adalah strategi yang benar-benar sempurna untuk situs e-commerce ( tetapi juga bekerja  baik untuk blog anda ).

Saya pribadi belum menggunakannya, saya dapatkan metode ini dari informasi blogger-blogger luar negeri, kira-kira seperti ini langkah demi langkahnya?

Pertama , temukan situs yang telah pindah atau pergi keluar dari bisnisnya.

Misalnya , Kamu  menemukan informasi bahwa sebuah situs bisnis tiba-tiba keluar dari bisnis yang mereka jalankan . Pasti ada ada ratusan situs yang terhubung ke situs yang sudah tidak ada lagi tersebut.

Anda dapat menggunakan pencarian seperti :

  • ” Kata kunci ” + ” keluar dari bisnis ”
  • ” Keyword ” + mengubah citra ”
  • ” Keyword ” + ” telah pindah “

Kemudian berikutnya , temukan situs dan halaman yang terhubung ke bisnis lama atau situs lama.

Sangat sederhana, apalagi  jika Anda menggunakan program seperti Ahrefs , Open Site Explorer atau Majestic SEO . Hanya mengambil URL dari situs yang lama dan pop itu ke alat pilihan Anda :

Lalu dengan mudah,  Anda akan mendapat daftar halaman yang terhubung ke situs yang dipindahkan atau sudah tidak ada lagi tadi.

Pada ahirnya , hubungi dan beritahukan pemilik situs tentang link usang mereka Dan berikan penyelesaian  dengan link ke situs Anda sebagai pengganti.

Berikut contoh pemberitahuan yang bisa digunakan untuk menghubungi situs yang telah pindah tersebut :

Halo nama pemilik situs blala.com,

Saya sedang mencari informasi tentang sebuah topik (….silahkan isi dengan topik yang mengalami usang tadi) dan saya mendapati situs Anda.

Ternyata link tersebut masih terhubung ke situs lama anda.

Begini , saya memiliki konten panduan di situs saya yang sangat mirip dengan konten yang sudah rusak tersebut berikut  URL  (…isi dengan url anda).

Mungkin ini dapat membantu mengganti situs link yang mengarah ke situs anda yang lama.

Terima kasih

10. Kirimkan Situs Anda ke Blog Agregator

Penting : Jangan sekali-kali mengirimkan situs anda pada blog agregator yang tidak berkualitas ! Cari blog agregator dengan daftar blog berkualitas.

Berikut ini contohnya :

Anda bisa mendapatkan link dofollow dibanyak blog agregator blog gratis dan berkualitas dalam tiga langkah mudah :

  • Kirimkan situs Anda
  • Tambahkan kode HTML khusus ke situs Anda untuk mengkonfirmasi bahwa Anda pemilik blog yang anda daftarkan.
  • Ketika blog agregator menyetujuinya Anda akan memiliki halaman Anda sendiri pada blog aggregator tersebut dengan link dofollow ke situs Anda.

Ini adalah contoh blog agregator luar negeri :

  • Alltop.com (PR7)
  • Blogarama.com (PR2)

11. Membangun link yang rusak (Broken link building)

Strategi ini mirip dengan Metode Pergerakan Orang (The Moving Man Method) yang saya dijelaskan di atas . Perbedaannya adalah, bahwa dengan membangun link yang rusak , Anda hanya perlu mencari halaman yang eror 404.

Lalu hubungi situs dengan link rusak tersebut, dan minta ganti dengan link dari anda yang menjelaskan hal sama.

Cara mencari di google ;

  • ” Kebugaran ” + ” halaman sumber ”
  • ” Kebugaran ” + ” sumber ”
  • ” Kebugaran ” + ” situs direkomendasikan ”
  • ” Kebugaran ” + ” link “

Kirimkan email pembritahuan kepada pemilik situs bahwa link tersebut rusak, dan mintalah untuk mengganti dengan  link dari anda yang sejenis.

12. Posting konten berkualitas super

Semua akan kembali pada konten yang berkualitas. Ingat, backlink diberikan karena konten Anda disukai dan bermanfaat bagi orang lain.

Backlink itu rekomendasi, jadi mustahil kalau mereka mau menyebarkan konten yang tidak berkualitas.

Konten Anda bisa saja berada di page one Google, bahkan berada di posisi antara 1-3, kalau kontennya berkualitas dengan sedikit backlink berkualitas, maka akan mudah mengalahkan pesaing.

Kesimpulan, konten backlink berkualitas harus juga dibarengi dengan konten berkualitas. Kalo tidak sama saja bohong.

Bagaimana membuat konten berkualitas, Anda bisa menuliskan apa yang Anda sukai, namun Anda juga bisa membayar seorang Conten Writing untuk menuliskan konten berkualitas untuk Anda.

13. Cari tahu backlink website pesaing, contoh dan duplikasi cara-cara mereka

Anda bisa menggunakan SEO Spy Glass, OpenLinkProfiler, Mejestic SEO, Ahrefs, dan Open Site Explorer.

Dengan tools tersebut, Anda bisa dengan mudah melihat backlink pesaing. Anda bisa meniru bagaimana pesaing terberat Anda melakukan link building.

14. Membuat konten yang berpotensi viral

Konten viral memiliki potensi besar untuk menjadi sangat populer. Konten dalam bentuk infografis umumnya selalu mendapatkan respons yang bagus dari pembaca.

Konten viral biasanya mengandung beberapa unsur, misalnya konten yang Emosional, konten yang mewakili daerah asal, konten dewasa dan lain sebagainya.

Dan terakhir pastikan situs Anda dilengkapi fitur share dan like agar pengunjung mudah untuk menyebarkan konten dalam website Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, dengan penuh harapan semoga dapat mengambil intisari dari pembahasan tersebut. Kurang lebih nya kami mohon maaf. Akhirul kalam. Wallahul muwafik, ilaa aqwamith thariiq, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Posting Komentar untuk "Cara Membangun Backlink Berkualitas Untuk Website Bisnis"