Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keputusan Resmi, Bansos PKH, BST Dan BPNT Cair, Berikut Cara Cek Penerima Bansos PPKM Darurat

Keputusan Resmi, Bansos PKH, BST Dan BPNT Cair, Berikut Cara Cek Penerima Bansos PPKM Darurat - Pada masa PPKM Darurat, daftar bansos Kemensos 2021 yang bakal cair periode Juli 2021 ialah BST, PKH dan BPNT, karena itu segera cek penerima bansos PPKM Darurat pakai NIK KTP di cekbansos.kemensos.go.id.

Bagi warga yang sudah daftar sebagai KPM di DTKS Kemensos, bisa langsung cek penerima bansos PPKM Darurat di cekbansos.kemensos.go.id menggunakan NIK KTP untuk memastikan nama sebagai penerima BST, PKH, dan BPNT.

Sedangkan, warga yang belum terdaftar di DTKS Kemensos, dipastikan nama belum terdata sebagai penerima bansos PPKM Darurat BST, PKH, dan BPNT, kendati sudah cek online nama penerima bansos PPKM Darurat di cekbansos.kemensos.go.id.

Mengenai bansos BST, PKH dan BPNT yang akan cair pada masa PPKM Darurat ini disampaikan langsung oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma), menjelaskan bahwa pihaknya akan mencairkannya pada minggu ke 2 bulan Juli 2021.

“Jadi mudah-mudahan paling telat bisa direalisasikan pekan kedua bulan ini dan kita usahakan agar semua bisa tersalurkan kepada warga,” kata Mensos Risma pada Kamis 1 Juli 2021 sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara.

Bansos BST, PKH dan BPNT yang cair pada Juli 2021 menurut Mensos Risma merupakan jatah bansos bulan Mei dan Juni 2021.

“Nanti warga akan dapat BST lagi untuk Mei dan Juni. Kemarin kan berhenti di April, nanti dapat di Mei-Juni,” katanya.

Maka dari itu, untuk bansos BST Juli 2021, setiap KPM akan mendapat total bantuan sebesar Rp600.000.

Untuk BST Rp600.000 akan dicairkan bagi 10 juta penduduk setelah mendapatkan tambahan anggaran sebanyak Rp2,3 Triliun dari Kementerian Keuangan.

“Jadi mereka menerima Rp600.000. Tapi saya berharap tidak diijinkan selain untuk kebutuhan pokok,” katanya.

Pencairan bansos BST Rp600.000 pada masa PPKM Darurat melalui PT POS.

“Nanti dicairkan melalui PT POS Indonesia,” kata Risma.

Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) untuk BPNT, Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bahwa KPM berhak mendapat BPNT dengan total Rp600.000 karena merupakan akumulasi dari jatah 3 bulan yang bakal cari Juli 2021.

Sedangkan, bansos PKH, jadwal cairnya sama dengan BST Rp600.000 dan BPNT Rp600.000 yaitu pada minggu ke-2 Juli 2021.

”Kuartal ketiga ini kita akan mempercepat penyalurannya pada bulan Juli sehingga KPM akan mendapatkan tiga bulan sekaligus di bulan Juli ini dan diharapkan akan memperkuat daya tahan sosial dari para keluarga PKH dan keluarga PKH juga mendapatkan penyaluran Kartu Sembako,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

Penyaluran bansos PKH dan BPNT tetap melalui bank-bank himbara yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Saat ini, kata Risma, Kemensos sudah mengantongi sejumlah data penerima bansos Covid-19 berdasarkan DTKS Kemensos.

Namun demikian penerima bansos yang ingin daftar di DTKS Kemensos, dapat diajukan oleh pemerintah daerah.

“Ada yang dari kita yang pembetulan dari bank dan ada yang existing, ada yang dari pemda,” katanya.

Maka dari itu, untuk semua daftar bansos 2021 yang bakal cair Juli 2021, KPM diharapkan terus cek nama penerima di cekbansos.kemensos.go.id.

Akan tetapi, sebelum akses cekbansos.kemensos.go.id menggunakan NIK KTP, pastikan terlebih dahulu telah daftar diri menjadi KPM di DTKS Kemensos.

Demikianlah sejumlah informasi terkait cara cek penerima bansos PPKM Darurat berupa PKH, BST Rp600.000 dan BPNT Rp600.000 menggunakan NIK KTP di cekbansos.kemensos.go.id.

Posting Komentar untuk "Keputusan Resmi, Bansos PKH, BST Dan BPNT Cair, Berikut Cara Cek Penerima Bansos PPKM Darurat"