Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tak Lama Lagi Dua Bansos Rp 3,5 Juta Akan Dibuka Pendaftarannya, Termasuk Prakerja Gelombang 12

Lagi Zaman


Cek Secara Rutin, Dua Bansos Rp 3 Jutaan Akan Segera Dibuka Pendaftaraannya, Termasuk Prakerja Gelombang 12 - 
Tak lama lagi dua bantuan sosial (bansos) akan dibuka pendaftaran. Semua masyarakat berkesempatan memperoleh .

Dalam pemaparan tentang anggaran untuk program penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PCPEN) di tahun 2021, Selasa 26 Januari 2021, Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto menjelaskan sejumlah anggaran telah disiapkan di tahun 2021 ini.

Adapun untuk perlindungan sosial sejumlah program sudah dianggarkan. Program tersebut dianggarkan sebesar Rp150,96 triliun.

Anggaran ini dikhususkan untuk Program Keluarga Harapan (PKH) bagi 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), kartu sembako, program pra kerja, bantuan langsung tunai (BLT) dana desa, bantuan sosial tunai 10 juta KPM, subsidi kuota, dan diskon listrik.

“Program ini ada yang dilanjutkan hingga 6 bulan, ada yang 3 bulan. Bertahap. Seperti contohnya diskon listrik, gratis biaya listrik selama 3 bulan dan 3 bulan berikutnya diskon 50%,” kata Airlangga.

Nah diantara program-program tersebut, ada 2 program yang tak lama lagi dibuka. Program tersebut adalah :

1. Program Kartu Prakerja

Bagi pendaftar yang lolos program Kartu Prakerja gelombang 12 akan mendapatkan total bantuan senilai Rp3,55 juta dengan rincian Rp1 juta untuk saldo pelatihan yang tidak bisa dicairkan, Rp600 ribu per bulan yang bisa dicairkan, dan Rp150 ribu dari survei atau rating.

Lalu bagi bapak ibu yang ingin mendaftar, begini cara dan yang harus dilakukan. Untuk mendaftar ada beberapa syarat wajib yang harus dipenuhi.

  • Calon peserta merupakan warga negara Indonesia (WNI), minimal berusia 18 tahun, dan sedang tidak menempuh pendidikan di tingkat sekolah maupun universitas.
  • Calon peserta wajib mendaftar di situs resmi www.prakerja.go.id.
  • Siapkan nomor Kartu Keluarga dan nomor induk kependudukan (NIK).
  • Lanjutkan dengan mengisi data diri dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun atau tahapan verifikasi akun.
  • Calon peserta perlu mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara daring, guna mengetahui kompetensi dan potensi yang dimiliki calon peserta.
  • Setelah kelar mengerjakan serangkaian tes, maka calon peserta hanya perlu klik tombol ‘gabung’ pada gelombang yang dibuka.
  • Calon peserta hanya perlu menunggu pengumuman melalui SMS di nomor masing-masing calon peserta yang telah terdaftar.

saat ini program ini belum dibuka. Cek informasi pendaftaran di situs resminya www.prakerja.go.id atau instagram dan fb resmi prakerja.

2. BLT UMKM

Bantuan Tunai Langsung (BLT) Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) atau banpres produktif UMKM juga akan segera dibuka.

Bagaimana cara mendaftar?

Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dan mempunyai Nomor Induk kependudukan (NIK) yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul
  • Tidak sedang menerima kredit modal dan investasi dari perbankan
  • Tidak berstatus sebagai aparatur sipil negara (ASN), anggota TNI/Polri, dan pegawai BUMN/BUMD.

Untuk pendaftaran atau pengajuan diri bisa dilakukan di Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) kabupaten atau kota masing-masing.

Pendaftaran BLT UMKM hanya bisa dilakukan secara offline di Kadiskop UKM yang berada di kabupaten atau kota masing-masing.

Sebelum mengajukan diri sebagai penerima bantuan, pelaku UMKM harus mempersiapkan sejumlah berkas yang dibutuhkan untuk pendaftaran, yaitu:

  • NIK
  • Nama lengkap
  • KTP
  • Alamat tempat tinggal
  • Bidang usaha
  • Nomor telepon

Jika tempat usaha berbeda dari domisili, maka pendafar harus meminta surat keterangan usaha (SKU) dari desa setempat.

Jika lolos dalam program ini, pelaku UMKM akan mendapatkan bantuan modal sebesar Rp2,4 juta.

Semoga dengan adanya berita ini, pertanyaan pertanyaan teman teman seputar bantuan sosial dapat terjawab.

Tim NKRIKU juga mengingatkan untuk jangan pernah mengirimkan data pribadi kepada situs situs yang bukan merupakan situs resmi pemerintah, khususnya sosial media. Selalu berhati hati terhadap penipuan di Internet.

Posting Komentar untuk "Tak Lama Lagi Dua Bansos Rp 3,5 Juta Akan Dibuka Pendaftarannya, Termasuk Prakerja Gelombang 12"