Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kabar Gembira, Ada 6 Bantuan Sosial Tunai Yang Akan Cair Di Bulan Februari 2021, Apa Saja Jenisnya? Yuk Cek Disini

Kabar Gembira Ada 6 Bantuan Sosial Tunai Cair Di Bulan Februari 2021, Apa Saja Jenisnya? Yuk Cek Disini
Lagi Zaman

Kabar Gembira Ada 6 Bantuan Sosial Tunai Cair Di Bulan Februari 2021, Apa Saja Jenisnya? Yuk Cek Disini - Kabar gembira bagi semua masyarakat yang membutuhkan, sesuai dengan informasi Kemensos, untuk bulan Februari 2021 nanti, Pemerintah melalui Kementerian Sosial akan mencairkan 6 program bantuan langsung tunai atau BLT dan BST.

Pemerintah telah menyiapkan anggaran di tahun 2021 ini sebesar Rp12 triliun, dengan sasaran 10 juta keluarga penerima manfaat, seperti dikutip dari akun Instagram @kemensosri, Rabu 20 Januari 2021,

Bantuan sebesar Rp300 ribu per keluarga dan bantuan ini melalui PT POS Indonesia, yang diberikan selama empat bulan, yaitu Januari, Februari, Maret, dan April.

Siapa saja yang akan menerima BST, yakni mereka yang terdaftar di DTKS, dan bantuannya terdaftar pada bantuan sosial tunai. Namun, untuk pendaftaran baru belum ada informasi hingga saat ini.

Sebagaimana diberitakan Ringtimesbanyuwangi.com dalam artikel “6 Bantuan Sosial Tunai yang Akan Cair di Bulan Februari 2021, Cek Apa Saja” yang dilansir dari kanal YouTube Heru Agustian, Bansos tunai yang kedua adalah BLT Dana Desa. BLT Dana Desa ini akan cair sebesar Rp300 ribu per KK.

Jadi, untuk anda yang sudah terdaftar di BLT Dana Desa bisa saja menerimanya atau bisa saja dari data baru yang akan dimunculkan oleh aparatur desa masing-masing.

Sebab, kebijakan setiap daerah berbeda-beda. Ada yang masih menggunakan data lama, data kombinasi, dan data baru yang diberikan. Anggaran untuk BLT Dana Desa sebesar Rp14,4 triliun.

Adapun Bansos ketiga yaitu BPUM atau Bantuan UMKM Rp2,4 juta. Pencairan tahap 2 dikonfirmasi paling lama tanggal 31 Januari 2021. Untuk itu, segera cek kembali e-form BRI, dan cek apakah anda termasuk ke daftar penerima.

Selanjutnya, ada BPNT atau Bantuan Pangan non Tunai. BPNT diberikan kepada keluarga yang termasuk kategori 25% peringkat terbawah dari kondisi ekonomi di daerah pelaksanaan.

Bantuan ini tidak diberikan secara tunai, melainkan dalam bentuk pangan, yang sudah disediakan oleh e-warong, dan anda hanya bisa mengambilnya di e-warong yang terdaftar atau bekerja sama dengan Kemensos.

Yang mendapatkan Bansos ini adalah mereka yang sudah terdaftar di dtks dan terdaftar dalam bantuan BPNT.

Bansos tunai yang selanjutnya adalah BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan. BSU termin satu ini sudah selesai 99,1% dengan penerima sebesar 12.293.134 lebih pekerja.

Akan tetapi, untuk termin yang kedua baru mencapai 12.244.169, dan masih ada sekitar 50 ribu pekerja yang belum mendaptkan BSU dari BPJS ini.

Masih ada peluang untuk mendapatkan Bansos ini, karena masih akan ada perbaikan data rekening yang bermasalah.

Apabila data tersebut telah diverivikasi, maka bank penyalur akan kembali menyalurkan bantuan subsidi, atau pun upah, asalkan masih sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Bansos lain yang akan cair pada Februari 2021 adalah listrik gratis. Yang mendapatkan gratis 100% adalah untuk R1-450 VA, dan mendapatkan diskon 50% untuk yang R1-900 VA, tetapi yang bersubsidi.

Token listrik gratis dapat diperoleh melalui situs web www.pln.co.id, aplikasi PLN Mobile atau melalui pemerintah desa.

Semoga informasi ini dapat menjawab pertanyaan teman teman seputar bantuan sosial di bulan Februari.

Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan Covid-19. Hindari kerumunan, gunakan masker khususnya ketika bepergian keluar rumah. Ingat kebersihan tangan.

Posting Komentar untuk "Kabar Gembira, Ada 6 Bantuan Sosial Tunai Yang Akan Cair Di Bulan Februari 2021, Apa Saja Jenisnya? Yuk Cek Disini"