Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuota Ditambah, BST Rp 300 Ribu Cair Bulan Ini, Login DTKS Kemensos.go.id Agar Tahu Status Penerima

Kuota Ditambah, BST Rp 300 Ribu Cair Bulan Ini, Login DTKS Kemensos.go.id Agar Tahu Status Penerima

Kuota Ditambah, BST Rp 300 Ribu Cair Bulan Ini. Login DTKS Kemensos.go.id Agar Tahu Status Penerima - Pemberitahuan mengenai penerimaan bantuan sosial tunai (BST) Rp300 ribu kini dapat dicek melalui link dtks.kemensos.go.id.

Caranya, anda hanya perlu memasukkan NIK yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada kolom yang disediakan.

Sebelumnya, bantuan BST telah cair di bulan April-Juni sejumlah Rp 600 ribu dan untuk bulan Juli-Desember bantuan ini dikurangi hingga sebesar Rp 300 ribu per-KK PKH, sementara periode Januari-Juni 2021 kedepan bantuan ini juga akan disalurkan dengan nominal Rp 200 ribu per bulan.

Dikutip dari laman beritadiy.com, kuota peenerima bantuan sekitar 20.000 ribu KPM, namun hanya diprioritaskan di daerah-daerah yang penyaluran bantuannya berlangsung cepat.

“Kami memutuskan untuk membuka kuota baru BST sebanyak 20.000-an KPM. Saya minta pemerintah daerah kabupaten/kota untuk bergerak cepat mengajukan datanya,” kata matnan Mensos Juliari Batubara di Jakarta beberapa waktu lalu seperti dikutip dari laman Kemensos.go.id

Pembukaan atau penambahan kuota baru BST ini dilakukan dengan pertimbangan karena masih ada masyarakat terdampak pandemi yang belum tersentuh bantuan sementara jumlah anggaran bantuan masih tersedia.

Perlu diketahui ddapun syarat penerima BST Rp300 ribu yang dapat bantuan ini adalah sebagai berikut:

  • Calon penerima adalah masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di Desa.
  • Calon penerima adalah mereka yang kehilangan mata pencarian di tengah pandemi corona.
  • Calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) lain dari pemerintah pusat. Ini berarti calon penerima BLT dari Dana Desa tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja.
  • Jika calon penerima tidak mendapatkan bansos dari program lain, tetapi belum terdaftar oleh RT/RW, maka bisa langsung menginformasikannya ke aparat desa.
  • Jika calon penerima memenuhi syarat, tetapi tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Penduduk (KTP), tetap bisa mendapat bantuan tanpa harus membuat KTP lebih dulu. Tapi, penerima harus berdomisili di desa tersebut dan menulis alamat lengkapnya.
  • Jika penerima sudah terdaftar dan valid maka BLT akan diberikan melalui tunai dan non tunai. Non tunai diberikan melalui transfer ke rekening bank penerima dan tunai boleh menghubungi aparat desa, bank milik negara atau diambil langsung di kantor pos terdekat.

Sedangkan untuk langkah untuk mengecek online daftar penerima bantuan Rp300 ribu per KK PKH:

  • Buka link https://dtks.kemensos.go.id/.
  • Pilih ID, kamu bisa memilih salah satu identitas yang akan dicek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS). Agar mudah, pilih NIK.
  • Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Masukkan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan.
  • Klik kata ‘cari’ lalu akan muncul data apakah kamu penerima bantuan sosial bansos BST.

Sebagai tambahan informasi, bansos uang tunai ini telah cair di bulan April-Juni sejumlah Rp 600 ribu dan untuk bulan Juli-Desember bantuan ini dikurangi hingga sebesar Rp 300 ribu per-KK PKH. Tahun depan atau pada 2021 akan dilanjut dengan nominal yang berbeda.

Posting Komentar untuk "Kuota Ditambah, BST Rp 300 Ribu Cair Bulan Ini, Login DTKS Kemensos.go.id Agar Tahu Status Penerima"