Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kabar Gembira, Kemensos Salurkan Bantuan KUBE Untuk Pelaku UMKM Rp 20 Juta, Cek Disini Caranya

Pemerintah terus memberikan bantuan kepada masyarakat salah satunya dengan memberikan bantuan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Kabar Gembira, Kemensos Salurkan Bantuan KUBE Untuk Pelaku UMKM Rp 20 Juta, Cek Disini Caranya - Pemerintah terus memberikan bantuan kepada masyarakat salah satunya dengan memberikan bantuan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) patut bersyukur. Di tengah pandemi Covid-19 para pelaku UMKM mendapat bantuan dari Kemensos RI.

Kementerian Sosial menyalurkan bantuan usaha ekonomi produktif total sebesar Rp 47 miliar pada tahun 2020 kepada lebih dari 23 ribu penerima manfaat yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengatakan melalui KUBE, anggota kelompok yang merupakan keluarga miskin dapat berjejaring dan mengembangkan potensi untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Dimana perhitungannya adalah jumlah anggota KUBE dikalikan Rp2 juta. Jika masing-masing KUBE memiliki anggota sebanyak 10 orang, maka setiap KUBE mendapatkan bantuan sebesar Rp20 juta.

Adaupun jumlah bantuan usaha ekonomi produktif kepada setiap KUBE ditentukan berdasarkan jumlah anggota KUBE.

“Melalui KUBE, anggota kelompok yang merupakan keluarga miskin dapat berjejaring dan mengembangkan potensi untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Dengan demikian, KUBE dapat menjadi saluran yang tepat untuk menyasar masyarakat Indonesia yang paling terdampak pandemik Covid-19.” ujar Mensos Juliari Batubara.

Keberadaan KUBE, lanjut Mensos, merupakan bagian dari upaya pemberdayaan sosial untuk memulihkan kondisi ekonomi masyarakat prasejahtera dari dampak Covid-19.

Dirinya berharap melalui KUBE aktivitas ekonomi masyarakat prasejahtera dapat terus berjalan meski di tengah pandemi seperti saat ini.

Tak hanya itu, dengan hadirnya program KUB,  pemenuhan kebutuhan dasar masyarakt dapat ditingkatkan secara kreatif dan inovatif, sehingga kesejahteraan meningkat.

Sekian artikel Kemensos Salurkan Bantuan KUBE Untuk Pelaku UMKM Rp 20 Juta, semoga bermanfaat, sumber artikel NKRIKU

Posting Komentar untuk "Kabar Gembira, Kemensos Salurkan Bantuan KUBE Untuk Pelaku UMKM Rp 20 Juta, Cek Disini Caranya"