Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar BLT UMKM Rp 2,4 Juta Dapat SMS Banpres BPUM BRI Dan NIK Terdaftar Di eform.bri.co.id/bpum

Cara Daftar BLT UMKM Rp 2,4 Juta Dapat SMS Banpres BPUM BRI Dan NIK Terdaftar Di eform.bri.co.id/bpum

Cara Daftar BLT UMKM Rp 2,4 Juta Dapat SMS Banpres BPUM BRI Dan NIK Terdaftar Di eform.bri.co.id/bpum - Pelaku usaha mikro yang ingin dapat bantuan BLT UMKM Rp2,4 juta dengan cara dapat SMS BPUM dari BRI INFO dan NIK KTP terdaftar di link eform.bri.co.id/bpum masih bisa daftar Banpres ini hingga akhir bulan ini.

Cara daftar bantuan ini di beberapa daerah bisa dilakukan secara online. Namun sebagian besar lainnya dengan cara datang ke kantor lembaga pengusul yang ditunjuk pemerintah.

Kuota penerima bantuan ini yang semula hanya 9 juta pelaku UMKM kini sudah ditambah 3 juta penerima lagi.

Bantuan pada tahap 1 sudah cair sejak bulan Oktober 2020 lalu sedangkan tahap 2 akan cair hingga akhir tahun ini.

Meski demikian, tidak semua pelaku UMKM bisa dapat bantuan ini. Ada dua golongan yang dijamin gagal dapat bantuan ini, yakni ASN, TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD, serta pelaku UMKM yang sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR.

Tidak hanya itu, tidak semua usaha bisa disebut sebagai usaha mikro. Hanya usaha mikro yang bisa dapat bantuan Rp2,4 juta sekali cair ini.

Berdasarkan UU No 20 tahun 2008, berikut kriteria yang termasuk golongan usaha mikro:

  • Memiliki kekayaan paling banyak Rp50 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha
  • Memiliki penghasilan penjualan tahunan paling banyak Rp300 juta

Selain persyaratan di atas tidak boleh mendapatkan banpres Produktif usahan mikro

Pelaku UMKM yang merasa memenuhi syarat bisa mengajukan diri ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kadiskop UKM) Kabupaten/Kota di wilayah masing-masing atau beberapa lembaga pengusul berikut:

  • Dinas yang yang membidangi Koperasi dan UKM
  • Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum
  • Kementerian/Lembaga
  • Perbankan dan perusahaan pembayaran yang terdaftar di OJK.
Pelaku UMKM yang memenuhi syarat dan berhak dapat bantuan BLT Banpres UMKM ini akan dapat sms dari bank penyalur (BNI, BRI, dan Bank Syariah mandiri).

Pelaku UMKM yang dapat SMS BPUM dari BRI INFO bisa konfirmasi nama penerima di link eform.bri.co.id/bpum menggunakan NIK KTP.

Jika nomor eKTP atau NIK KTP terdaftar sebagai penerima maka pelaku UMKM bisa mencairkan bantuannya di bank penyalur terdekat.

Semoga membantu, sumber artikel Pikiran Rakyat

Posting Komentar untuk " Cara Daftar BLT UMKM Rp 2,4 Juta Dapat SMS Banpres BPUM BRI Dan NIK Terdaftar Di eform.bri.co.id/bpum"